Perbedaan Memori eMMC dan UFS pada Handphone

Pernahkah terpikirkan, mengapa handphone diri sendiri memiliki kinerja yang lebih lambat daripada yang lain? Jawabannya mungkin terletak pada perbedaan dalam jenis memori yang digunakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan utama dua teknologi memori antara eMMC (embedded MultiMediaCard) dan UFS (Universal Flash Storage).

Apa itu eMMC dan UFS?

Dua jenis memori ini merupakan penyimpanan data pada handphone seperti halnya pada SSD dan Harddisk. Sebelum kita memilih handphone baru, penting bagi kita untuk memahami perbedaan mendasar antara eMMC dan UFS. Hal ini yang akan membantu membuat keputusan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan.

Perbedaan antara eMMC dan UFS

eMMC adalah jenis memori flash yang terintegrasi langsung ke dalam ponsel. Ini umumnya ditemui pada handphone kelas menengah ke bawah dan menawarkan solusi penyimpanan yang terjangkau. Sedangkan UFS, di sisi lain, adalah evolusi dari eMMC. Dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, UFS sering ditemui pada handphone kelas atas.

Kelebihan dan Kekurangan Memori eMMC

Kelebihan Memori eMMC

Dengan harganya yang terjangkau, eMMC membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk handphone entry-level dan menengah.

Kekurangan Memori eMMC

eMMC memiliki batasan kecepatan transfer data, yang dapat mempengaruhi kinerja saat mengakses aplikasi atau mentransfer file besar.

Kelebihan dan Kekurangan Memori UFS

Kelebihan Memori UFS

UFS jika dalam kecepatan transfer data yang tinggi, memberikan kinerja yang lebih responsif dan efisien. Handphone dengan UFS mampu mengatasi beban kerja berat, yang membuatnya ideal untuk pengguna yang memerlukan kinerja tinggi.

Baca Juga:  6 Perbedaan iPhone Inter dan iBox: Teliti Sebelum Membeli!

Kekurangan Memori UFS

Handphone dengan UFS biasanya memiliki harga yang lebih tinggi, membuatnya kurang terjangkau untuk beberapa konsumen.

Perbandingan Memori eMMC dengan UFS

Jenis Penyimpanan HandphoneKecepatan ReadKecepatan Write
eMMC 4.5140 MBps140 MBps
eMMC 5.0250 MBps90 MBps
eMMC 5.1250 MBps125 MBps
UFS 2.0350 MBps150 MBps
UFS 2.1860 MBps255 MBps
UFS 3.02,1 GBps410 MBps
UFS 3.12,1 GBps1,2 GBps
UFS 4.04,2 GBps2,8 GBps
Perbandingan kecepatan Read dan Write antara memori eMMC dengan UFS

Kesimpulan

Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda saat memilih antara eMMC dan UFS. Jika Anda mencari handphone yang ekonomis dengan kinerja yang memadai, eMMC mungkin menjadi pilihan yang baik. Namun, jika kinerja tinggi adalah prioritas utama, UFS mungkin lebih cocok untuk Anda.

Bagikan: